SOP Pembelian Tunai

21.12

baca juga

Adalah suatu kegiatan untuk memperoleh barang atau jasa dengan cara memberikan balas jasa berupa sejumlah uang yang nilainya sama dengan barang atau jasa yang diperolehnya. Standar Operasional Procedure (SOP) untuk menangani pembelian tunai adalah sebagai berikut:

  1. Bukti permintaan  bagian penjualan atau produksi dibuktikan dengan surat permintaan
  2. Survey pasar dengan mengirimkan surat penawaran order kepada berbagai perusahaan  untuk memperoleh harga dan kualitas barang yang terbaik
  3. Perusahaan yang menjadi supplier barang adalah yang mampu  secara rutin menyediakan pasokan barang.
  4. Untuk memutuskan supplier yang benar-benar  memberikan keuntungan terbaik, makabagian pembelian harus benar-benar mempertimbangkan harga, kualitas dan pelayanan purna jual
  5. Surat pesanan ditandatangani oleh kepala bagian pembelian dan direktur utama perusahaan
  6. Buat perjanjian yang memberikan perlindungan terhadap barang yang dibeli seperti garansi, return barang dan sebagainya
  7. Pemeriksaan barang dilakukkan  oleh ahlinya apakah sesuai dengan pesanan atau tidak (baik kualitas maupun kuatitas). Bila ya, maka barang akan masuk ke gudang. Bila tidak, maka barang akan dikembalikan dengan memberikan nota hasil pemeriksaan kepada penjualan
  8. Membayar sejumlah transaksi sesuai dengan prosedur pengeluaran kas


Previous
Next Post »
0 Komentar

Loading...