baca juga
Berikut ini adalah Kisi-kisi Pretest UKG 2017 untuk Guru Pemasaran, atau Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran, untuk selengkapnya silakan bapak/ibu bisa downlado sendiri di akun SIM GPO. Rencana test akan dilaksanakan akhir bulan Agustus 2017. Berikut ini kisi-kisinya semoga bermanfaat, jangan lupa Like and Share
No.
|
deskripsi kompetensi inti
|
deskripsi guru mapel / keahlian
|
deskripsi indikator
|
Jenis
|
1
|
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral,
spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
|
Mengidentifikasi karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan
aspek fisik, intelektual, sosio-emosional, moral, spiritual, dan latar
belakang sosial-budaya terkait dalam merencanakan, melaksanakan dan
mengevaluasi pembelajaran
|
Membedakan karakter peserta didik berdasarkan tingkat fisik terkait
dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran
|
pedagogik
|
2
|
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral,
spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
|
Mengidentifikasi karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan
aspek fisik, intelektual, sosio-emosional, moral, spiritual, dan latar
belakang sosial-budaya terkait dalam merencanakan, melaksanakan dan
mengevaluasi pembelajaran
|
Mengidentifikasikan karakter peserta didik berdasarkan tingkat
intelektual terkait dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi
pembelajar.
|
pedagogik
|
3
|
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral,
spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
|
Mengidentifikasi karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan
aspek fisik, intelektual, sosio-emosional, moral, spiritual, dan latar
belakang sosial-budaya terkait dalam merencanakan, melaksanakan dan
mengevaluasi pembelajaran
|
Menentukan karakter peserta didik berdasarkan tingkat moral dan
spiritual terkait dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi
pembelajaran
|
pedagogik
|
4
|
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral,
spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
|
Mengidentifikasi karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan
aspek fisik, intelektual, sosio-emosional, moral, spiritual, dan latar
belakang sosial-budaya terkait dalam merencanakan, melaksanakan dan
mengevaluasi pembelajaran
|
Menentukan karakter peserta didik berdasarkan tingkat sosial terkait
dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran
|
pedagogik
|
5
|
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral,
spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
|
Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran
yang diampu agar dapat memberikan perlakuan yang tepat dalam pencapaian
kompetensi atau tujuan pembelajaran
|
Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran
yang diampu agar dapat memberikan perlakuan yang tepat dalam pencapaian
kompetensi atau tujuan pembelajaran
|
pedagogik
|
6
|
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang
mendidik
|
Menentukan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif sesuai mata
pelajaran yang diampu
|
Memilih pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif sesuai mata
pelajaran yang diampu
|
pedagogik
|
7
|
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang
mendidik
|
Menentukan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif sesuai mata
pelajaran yang diampu
|
Menentukan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif sesuai mata
pelajaran yang diampu
|
pedagogik
|
8
|
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang
diampu.
|
Menggali pengalaman belajar
yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu
|
Memilih pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan
pembelajaran yang diampu
|
pedagogik
|
9
|
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang
diampu.
|
Mengidentifikasikan materi pembelajaran yang diampu terkait
pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran
|
Mengidentifikasikan materi pembelajaran yang diampu terkait
pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran
|
pedagogik
|
10
|
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang
diampu.
|
Mengidentifikasikan materi pembelajaran yang diampu terkait
pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran
|
Mengkategorikan materi yang dipilih berdasarkan jenisnya (fakta,
konsep, prosedural dan metakognitif)
|
pedagogik
|
11
|
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik
|
Menjabarkan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dalam
perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran sesuai mapel yang diampu
|
Menyebutkan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dalam
perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran sesuai mapel yang diampu
|
pedagogik
|
12
|
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik
|
Menggolongkan komponen-komponen rancangan pembelajaran
|
Mengaitkan kurikulum dengan rancangan pembelajaran
|
pedagogik
|
13
|
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik
|
Mengurutkan tahapan dalam merancang pembelajaran
|
Menjelaskan tahapan dalam merancang pembelajaran
|
pedagogik
|
14
|
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik
|
Mengurutkan tahapan dalam merancang pembelajaran
|
Menguraikan komponen rancangan pembelajaran baik didalam kelas, labolatorium maupun di
lapangan
|
pedagogik
|
15
|
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik
|
Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium,
dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan
|
Memecahkan masalah yang ada dalam melaksanakan pembelajaran yang
mendidik, baik dikelas, di labolatorium dan lapangan
|
pedagogik
|
16
|
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan
pembelajaran
|
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran
yang diampu
|
Menemukan teknologi informasi dan komunikasi yang tepat dalam
pembelajaran
|
pedagogik
|
17
|
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan
pembelajaran
|
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran
yang diampu
|
Memilih ragam teknologi informasi dan komunikasi sesuai karakteristik
dan tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran
|
pedagogik
|
18
|
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
|
Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil
belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu
|
Menjabarkan prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil
belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu
|
pedagogik
|
19
|
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
|
Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk
dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu
|
Menganalisis aspek-aspek penting penilaian dan evaluasi dalam proses
dan hasil belajar
|
pedagogik
|
20
|
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
|
Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk
dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu
|
Merinci aspek penting dalam penilaian dan evaluasi pembelajaran
sesuai tujuan penilaian dalam mata pelajaran yang diampu
|
pedagogik
|
21
|
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
|
Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk
dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu
|
Menetapkan aspek penting dalam
penilaian dan evaluasi pembelajaran sesuai karakteristik mata pelajaran yang
diampu
|
pedagogik
|
22
|
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
|
Mengembangkan instrumen
penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
|
Mengemukakan metode penilaian dan jenis instrumen penilaian yang sesuai dengan tuntutan ranah
pembelajaran
|
pedagogik
|
23
|
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
|
Mengembangkan instrumen
penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
|
Merumuskan indikator penilaian dan evaluasi proses dan hasl belajar
sesuai karakteristik mata pelajaran yang diampu
|
pedagogik
|
24
|
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
|
Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar
|
Menilai proses pelaksanaan
pembelajaran dan hasil belajar yang diperoleh sesuai tujuan pembelajaran pada
mata pelajaran yang diampu
|
pedagogik
|
25
|
Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan
pembelajaran
|
Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan
ketuntasan belajar
|
Menganalisis hasil penilaian dan evaluasi pada mata pelajaran yang
diampu
|
pedagogik
|
26
|
Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan
pembelajaran
|
Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan
ketuntasan belajar
|
Merumuskan ketuntasan hasil belajar berdasarkan informasi hasil
penilaian pada mata pelajaran yang diampu
|
pedagogik
|
27
|
Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan
pembelajaran
|
Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang
program remedial dan Pengayaan
|
Mengemukakan program remidial dan pengayaan sebagai bagian dari
tindak lanjut hasil pembelajaran
|
pedagogik
|
28
|
Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran
|
Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
|
Menemukan komponen penyebab keberhasilan dan atau kegagalan dalam
pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran yang diampu
|
pedagogik
|
29
|
Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran
|
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu
|
Menyusun rencana penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran dalam mapel yang diampu
|
pedagogik
|
30
|
Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran
|
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu
|
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu
|
pedagogik
|
31
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Mengemukakan ruang lingkup Pengantar Ekonomi dan Bisnis
|
Menguraikan ruang lingkup Ilmu Ekonomi
|
profesional
|
32
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung
mata pelajaran yang diampu
|
Mengemukakan ruang lingkup Pengantar Ekonomi dan Bisnis
|
Menganalisis masalah pokok ekonomi dan alternative pemecahannya
|
profesional
|
33
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Mengemukakan ruang lingkup Pengantar Ekonomi dan Bisnis
|
Mengkategorikan Model dan
pelaku ekonomi
|
profesional
|
34
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Mengemukakan ruang lingkup Pengantar Ekonomi dan Bisnis
|
Menganalisis perilaku konsumen dan produsen serta peranannya dalam
kegiatan ekonomi
|
profesional
|
35
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Mengemukakan ruang lingkup Pengantar Ekonomi dan Bisnis
|
Menguraikan teori kepuasan berdasarkan Hukum Gossen
|
profesional
|
36
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Mengemukakan ruang lingkup Pengantar Ekonomi dan Bisnis
|
Menguraikan Teori kebutuhan (berdasarkan teori Maslow.
|
profesional
|
37
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Mengemukakan ruang lingkup Pengantar Ekonomi dan Bisnis
|
Menganalisis berbagai jenis pasar (pasar persaingan sempurna, pasar
monopoli, pasar monopolistic, pasar oligopoly) terhadap perekonomian
|
profesional
|
38
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Mengemukakan ruang lingkup Pengantar Ekonomi dan Bisnis
|
Menganalisis ketentuan
Perpajakan
|
profesional
|
39
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Mengemukakan ruang lingkup Pengantar Ekonomi dan Bisnis
|
Menganalisis ketentuan Perlindungan Konsumen (0)
|
profesional
|
40
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Melakukan analisis dan riset pasar
|
Merencanakan observasi Pasar
|
profesional
|
41
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Melakukan analisis dan riset pasar
|
Menentukan langkah-langkah observasi pasar
|
profesional
|
42
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Melakukan analisis dan riset pasar
|
Melakukan observasi pasar
|
profesional
|
43
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Melakukan analisis dan riset pasar
|
Menganalisis hasil observasi pasar
|
profesional
|
44
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Melakukan analisis dan riset pasar
|
Melakukan analisis pasar
|
profesional
|
45
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Melakukan analisis dan riset pasar
|
Menyusun laporan hasil analisis pasar
|
profesional
|
46
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Melakukan analisis dan riset pasar
|
Menyusun proposal penelitian pasar
|
profesional
|
47
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Melakukan analisis dan riset pasar
|
Menyusun instrumen penelitian pasar
|
profesional
|
48
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Melakukan analisis dan riset pasar
|
Melakukan pengumpulan data penelitian pasar
|
profesional
|
49
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Melakukan analisis dan riset pasar
|
Mengolah data penelitian pasar
|
profesional
|
50
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Melakukan analisis dan riset pasar
|
Menyusun laporan hasil penelitian pasar
|
profesional
|
51
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menyusun rencana pemasaran
|
Menyusun rencana strategi pemasaran
|
profesional
|
52
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menyusun rencana pemasaran
|
Menganalis lingkungan pemasaran mikro
|
profesional
|
53
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menyusun rencana pemasaran
|
Menganalis lingkungan pemasaran makro
|
profesional
|
54
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Mengelola kegiatan usaha pemasaran
|
Menganalisis tujuan usaha pemasaran
|
profesional
|
55
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Mengelola kegiatan usaha pemasaran
|
Memilih jenis dan model pemasaran
|
profesional
|
56
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Mengelola kegiatan usaha pemasaran
|
Menyusun proposal usaha pemasaran
|
profesional
|
57
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Mengelola kegiatan usaha pemasaran
|
Menerapkan prosedur pengurusan surat ijin usaha
|
profesional
|
58
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Mengelola kegiatan usaha pemasaran
|
Menemukan tempat usaha yang strategis.
|
profesional
|
59
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menerapkan Strategi Pemasaran
|
Menentukan teknik dan Strategi Pemasaran
|
profesional
|
60
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menerapkan Strategi Pemasaran
|
Melakukan Strategi Bauran Pemasaran (marketing mix)
|
profesional
|
61
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menerapkan Strategi Pemasaran
|
Melakukan deferensiasi posisi produk dan merk
|
profesional
|
62
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menerapkan Strategi Pemasaran
|
Menerapkan strategi Product life cicle
|
profesional
|
63
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menerapkan Strategi Pemasaran
|
Melakukan pengembangan produk baru
|
profesional
|
64
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menerapkan Strategi Pemasaran
|
Melakukan deferensiasi dan posisi penawaran pasar
|
profesional
|
65
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Membangun Pemasaran On-Line
|
Menganalisis konsep Pemasaran On-line
|
profesional
|
66
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Membangun Pemasaran On-Line
|
Menerapkan pemasaran On-Line dengan media sosial
|
profesional
|
67
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menerapkan prinsip-prinsip Bisnis
|
Menyimpulkan pengertian, peran, ruang lingkup bisnis ritel
|
profesional
|
68
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menerapkan prinsip-prinsip Bisnis
|
Menentukan strategi bisnis ritel
|
profesional
|
69
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menerapkan prinsip-prinsip Bisnis
|
Menentukan lembaga pembiayaan waralaba
|
profesional
|
70
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menerapkan prinsip-prinsip Bisnis
|
Menyiapkan perijinan Bisnis ritel.
|
profesional
|
71
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menerapkan prinsip-prinsip Bisnis
|
Menyimpulkan karakteristik dan ruang lingkup penjualan langsung
|
profesional
|
72
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menyusun Administrasi Transaksi
|
Menyusun berkas-berkas Administarasi Transaksi
|
profesional
|
73
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menyusun Administrasi Transaksi
|
Mengoperasikan alat hitung
|
profesional
|
74
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menyusun Administrasi Transaksi
|
Mengoperasikan Mesin Pembayaran Tunai Dan Non Tunai
|
profesional
|
75
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menyusun Administrasi Transaksi
|
Mengoperasikan Alat Ukur
|
profesional
|
76
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menyusun Administrasi Transaksi
|
Mengoperasikan Alat Bantu Verifikasi
|
profesional
|
77
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menyusun Administrasi Transaksi
|
Menerapkan alur proses administrasi transaksi
|
profesional
|
78
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguraikan pengetahuan produk
|
Memperjelas atribut dan spesifikasi barang/jasa
|
profesional
|
79
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguraikan pengetahuan produk
|
Melakukan pengemasan produk
|
profesional
|
80
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguraikan pengetahuan produk
|
Merancang merk produk/brand
|
profesional
|
81
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Melakukan penataan barang
|
Menentukan ruang lingkup penataan barang
|
profesional
|
82
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Melakukan penataan barang
|
Menentukan pengelompokkan barang
|
profesional
|
83
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Melakukan penataan barang
|
Melakukan pelabelan barang
|
profesional
|
84
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Melakukan komunikasi bisnis
|
Menerapkan etika komunikasi bisnis
|
profesional
|
85
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Melakukan komunikasi bisnis
|
Menganalisis kepuasan pelanggan
|
profesional
|
86
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Melakukan komunikasi bisnis
|
Menentukan media promosi
|
profesional
|
87
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Melakukan komunikasi bisnis
|
Menerapkan teknik negosiasi
|
profesional
|
88
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Mengelola administrasi gudang
|
Menentukan ruang lingkup pergudangan dalam kegiatan bisnis
|
profesional
|
89
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Mengelola administrasi gudang
|
Menerapkan perhitungan persediaan barang di gudang dengan menggunakan
metode FIFO, LIFO dan Average Method
|
profesional
|
90
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Mengelola administrasi gudang
|
Melakukan stock opname
|
profesional
|
91
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Mengelola administrasi gudang
|
Membuat laporan stock opname secara manual dan dalam program exel
|
profesional
|
92
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menerapkan pelayanan penjualan
|
Menentukan ruang lingkup pelayanan penjualan
|
profesional
|
93
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menerapkan pelayanan penjualan
|
Menganalisis sikap dan perilaku menjual
|
profesional
|
94
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menerapkan pelayanan penjualan
|
Melakukan Pelayanan penjualan langsung dan tidak langsung
|
profesional
|
95
|
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menerapkan pelayanan penjualan
|
Melakukan pelayanan penjualan purna jual
|
profesional
|
0 Komentar