baca juga
Kali ini kita akan bahasa tentang Materi Komunikasi Bisnis dengan Kompetensi Dasar Menjelaskan Teknik Promosi. Berikut ini uraian materinya :
Teknik Promosi
Salah satu cara yang baik dalam memperkenalkan barang atau suatu ide gagasan yang tentunya di biayai oleh sponsor dalam mencapai tujuan menimbulkan ketertarikan konsumen agar melakukan pembelian. Tujuan akhir segala promosi adalah meningkatkan penjualan, selain itu, para tenaga pemasaran dapat menggunakan promosi untuk menyampaikan informasi, memposisikan produk, menambah nilai tambah produk, dan mengendalikan volume penjulan.(Ricky W.Griffin, Ronald J.Elbert, Bisinis edisi 8,2007)
Teknik promosi menurut shimp dalam bukunya “periklanan promosi, 2003) menyatakan bahwa teknik promosi dapat dilakukan antara lain: personal selling, periklanan, publikasi , promosi penjualan, point of purchase, sponsorship)
Penjelasan untuk masing-masing teknik promosi tersebut adalah sebagai berikut :
1. Personal Selling
Penjualan langsung merupakan teknik promosi yang sering digunakan oleh perusahaan tiap perkembangan zaman. Personal selling menurut griffin, 2003 adalah seorang penjual bertatap muka dengan para calon pelanggan untuk mengetahui kebutuhannya dan menawarkan produk milik penjual kepada mereka. Bentuk penjulan ini menyediakan hubungan pribadi antara penjual dan pembeli serta kredibilitas sebuah perusahaan karena memungkinkan pembeli dapat berinteraksi dan bertanya kepada penjual.
Keuntungan dari penjualan personal / Personal Selling adalah :
a. memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah antar pembeli dan penjual.
b. penjual dapat menyesuaikan penyajiannya dengan kebutuhan konsumen.
c. penjual mengenal dan dikenal oleh pelangganya; penjual dapat bernegosiasi secara langsung
b. penjual dapat menyesuaikan penyajiannya dengan kebutuhan konsumen.
c. penjual mengenal dan dikenal oleh pelangganya; penjual dapat bernegosiasi secara langsung
dalam hal harga, pengiriman, dan diskon.
d. penjual mengetahui tingkat kepuasan pelanggan
e. penjual mengetahui dan diketahui oleh pelanggan
d. penjual mengetahui tingkat kepuasan pelanggan
e. penjual mengetahui dan diketahui oleh pelanggan
2. Periklanan
Iklan merupakan komunikasi tidak langsung yang dibayar, digunakan oleh sponsor tertentu untuk menyampaikan kepada orang-orang mengenai sebuah produk.
Dalam buku griffin mengatakan perusahaan dapat memilih salah satu dari tiga pendekatan umum iklan:
a. Iklan persuasive
Iklan ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
- Bertujuan untuk menciptakan kesukaan, preferensi dan keyakinan sehingga konsumen mau membeli dan menggunakan barang dan jasa.
- Mempersuasif khalayak untuk memilih merk tertentu.
- Menganjurkan untuk membeli.
- Mengubah persepsi konsumen.
- Membujuk untuk membeli sekarang
b. Iklan perbandingan
Iklan menitik beratkan pada selective demand. Karena itu iklan ini merangsang selective demand dengan cara menawarkan barang dari merek tertentu, bukan barang secara umum. Competitive advertising akan menciptakan kesetiaan konsumen terhadap suatu merek tertentu, yang dianggapnya mempunyai kelebihan daripada merek-merek lain dan mampu untuk memuaskan kebutuhannya. Iklan ini biasanya dilakukan pada waktu barang sudah memasuki tahap kedua (pertumbuhan) dalam product life cycle di mana persaingan mulai dirasakan
c. Iklan pengingat
Dilihat dari tujuannya, terdapat beberapa jenis iklan yang dapat digunakan oleh perusahaan
a. Comercial Advertising
iklan yang bertujuan untuk mendukung kampanye pemasaran suatu produk atau jasa
b. Corporate Advertising
Iklan yang bertujuan membangun citra suatu perusahaan yang pada akhirnya diharapkan juga membangun citra positif produk-produk atau jasa yang diproduksi oleh perusahaan tersebut
c. Public Service Advertising
Iklan Layanan Masyarakat merupakan bagian dari kampanye social marketing yang
bertujuan menjual gagasan atau ide untuk kepentingan atau pelayanan masyarakat
Periklanan dapat disajikan dalam berbagai bentuk dan media sebagai berikut :
1. Media Cetak, terdiri dari :
(a) Surat kabar
(b) Majalah
(c) Brosur, dan leaflet
(d) Direct mail
2. Media elektronik, terdiri dari :
(a) Media audio
(b) Media visual
(c) Media audio visual
3. Media outdoor, terdiri dari :
(a) Billboard
(b) Signboard
(c) Umbul-umbul
(d) Sticker
3. Publikasi
Merupakan suatu bentuk penyajian untuk merangsang permintaan dari suatu produk secara nonpersonal dengan membuat berita yang bersifat komersial tentang produk (barang/jasa) perusahaan yang bersangkutan. Publikasi dapat dilakukan dengan mengadakan wawancara dan hasilnya dibuat dalam media cetak. Pada publikasi informasi yang tercantum bukan berupa iklan melainkan berupa berita yang mengandung unsur-unsur yang menarik sehingga media masa tertarik untuk ikut menyiarkan meskipun tidak menerima upah.
Alat komunikasi umum yang digunakan pasa saat melakukan publikasi adalah pers, pidato atau seminar, laporan tahunan, dan donasi hubungan ,masyarakat. Ciri publikasi ditambah dengan tiga kualitas khusus yaitu:
a) Nilai kepercayaan
b) Dorongan iklan
c) Dramatisasi
4. Promosi Penjualan
Promosi penjualan terdiri dari atas serangkaian teknik pemasaran taktis yang dirancang dalam kerangka pemasaran strategis untuk menambah nilai produk atau jasa sehingga tercapai tujuan penjualan dan pemasaran yang spesifik.
Jenis pomosi penjualan:
a. pull strategy
Strategi menggunakan insentif untuk memotivasi pelanggan sehingga melakukan pembelian. Apabila pelanggan mulai tertarik dan mencari produk atau jasa tersebut, pengaruhnya akan mendorong para retailer untuk meningkatkan stok barang yang dicari tersebut.
b. push strategy
Strategi yang menggunakan insentif untuk memotivasi para agen atau retailer agar meningkatkan pemesanan dan meningkatkan penjualannya dimasing-masing outlet.
Caranya adalah dengan menggunakan :
• Strategi volume discount
• Strategy allowance
yaitu berupa pemberian reward yang terdiri dari:
(a) Off invoice
Strategi dengan memberikan potongan bagi dealer atau retailer yang menjual produk tertentu dioutlet-nya.
(b) Performance allowance
Strategi memberikan reward, misalnya bonus bagi dealer atau retailer yang dapat menjual produk pada batas tertentu.
(c) Display allowance
Strategi memberikan bonus atau pengurangan harga jual pada atau retailer yang bersedia meletakan produk tertentu di depan sehingga jelas terlihat oleh pelanggan.
(d) Buyback allowance
Strategi untuk membeli kembali produk lama yang tidak laku atau out of date.
(e) Cooperative advertising allowance
Strategi memberikan allowance pada dialer atau retailer yang bersedia mengiklankan produk tertentu di outlet mereka
• Strategy Dealer Contest
• Strategy Point Of Purchase
Strategi memajang produk sehingga dapat meningkatkan impulse buying pelanggan.
0 Komentar