baca juga
Penjualan tunai merupakan penjualan yang terbebas dari resiko kerugian akibat tak terbayarnya harga barang, Standar Operasional procedure (SOP) untuk menangani administrasi penjualan tunai sebagai berikut:
- Permintaan pelanggan dibuktikan dengan surat permintaan (Order) dari calon pembeli
- Negosiasi dibuktikan dengan bukti dengan bukti pertemuan berupa notulen (catatan kesepakatan sementara)
- Membuat dan menandatangani surat perjanjian dibuktikan dengan adanya surat perjanjian
- Faktur dibuat dengan benar dan teliti, sehingga tidak merugikan perusahaan dan konsume, faktur dibuat beberapa rangkap untuk kepentingan administrasi.
- Barang dagangan sebelum dijual diperiksa apakah sesuai dengan pesanan pembeli, tidak cacat apakah sesuai dengan standar mutu, bila ya, maka barang dikirim kepada pembeli. Bila tidak, barang dikembalikan lagi kegudang.
- Cocokkan invoice asli dan rangkap, bila cocok terima pembayaran barang dan periksa uang tunai yang dibayarkan dengan teliti.
- Buat bukti penerimaan uang (kuitansi) sesuai dengan jumlah uang yang diterima.
- Kirimkan barang yang dijual dengan cepat kepada konsumen sebagai pelayan yang sempurna.
0 Komentar