baca juga
Kita lanjutkan bahasan materi Administrasi Transaksi yang kedua adalah tentang Unsur-Unsur dalam Administrasi
Adapun unsur-unsur dalam administrasi adalah :
- Adanya kegiatan
- Adanya kerjasama
- Sumber daya faktor pendukung
Adapun kegiatan yang dikerjakan meliputi
- Melayani pelaksanaan kegiatan operasional dari suatu unit kerja
- Menyediakan berbagai informasi/data yang diperlukan untuk pengambilan keputusan atau kebijaksanaan
- Membantu kelancaran tugas sehari-hari dari suatu unit kerja
Kegiatan administrasi dapat dibagi menjadi beberapa kegiatan, antara lain :
- Menghimpun, artinya mengumpulkan segala keterangan yang tadinya berserakan sehingga dapat diperguanakan
- Mencatat, artinya membukukan berbagai transasksi atau berbagai keterangan
- Mengolah, artinya memperbanyak, menyalin atau membuat informasi menjadi lebih baru sehingga lebih berguna
- Menggandakan, artinya memperbanyak dengan cara/ alat
- Mengirim, artinya menyampaikan dari pihak satu kepihak lain
- Menaruh, artinya artinya kegiatan meletakkan di tempat tertentu dengan maksud mudah untuk ditemukan kembali.
Dengan demikian administrasi adalah suatu alat umum untuk meggerakkan sekelompok manusia ( termasuk peralatan, perlengkapan dan fasilitas ) yang bekerja sama dalam suatu organisasi untuk mencapai suatu tujuan.
0 Komentar