Kisi-Kisi Pretest UKG Pemasaran 2017

08.12

baca juga

Berikut ini adalah Kisi-kisi Pretest UKG 2017 untuk Guru Pemasaran, atau Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran, untuk selengkapnya silakan bapak/ibu bisa downlado sendiri di akun SIM GPO. Rencana test akan dilaksanakan akhir bulan Agustus 2017. Berikut ini kisi-kisinya semoga bermanfaat, jangan lupa Like and Share

No.
deskripsi kompetensi inti
deskripsi guru mapel / keahlian
deskripsi indikator
Jenis
1
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
Mengidentifikasi karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosio-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya terkait dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran
Membedakan karakter peserta didik berdasarkan tingkat fisik terkait dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran
pedagogik
2
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
Mengidentifikasi karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosio-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya terkait dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran
Mengidentifikasikan karakter peserta didik berdasarkan tingkat intelektual terkait dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajar.
pedagogik
3
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
Mengidentifikasi karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosio-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya terkait dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran
Menentukan karakter peserta didik berdasarkan tingkat moral dan spiritual terkait dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran
pedagogik
4
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
Mengidentifikasi karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosio-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya terkait dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran
Menentukan karakter peserta didik berdasarkan tingkat sosial terkait dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran
pedagogik
5
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu agar dapat memberikan perlakuan yang tepat dalam pencapaian kompetensi atau tujuan pembelajaran
Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu agar dapat memberikan perlakuan yang tepat dalam pencapaian kompetensi atau tujuan pembelajaran
pedagogik
6
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
Menentukan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran  yang mendidik secara kreatif sesuai mata pelajaran yang diampu
Memilih pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran  yang mendidik secara kreatif sesuai mata pelajaran yang diampu
pedagogik
7
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
Menentukan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran  yang mendidik secara kreatif sesuai mata pelajaran yang diampu
Menentukan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran  yang mendidik secara kreatif sesuai mata pelajaran yang diampu
pedagogik
8
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu.
Menggali  pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu
Memilih pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu
pedagogik
9
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu.
Mengidentifikasikan materi pembelajaran yang diampu terkait pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran
Mengidentifikasikan materi pembelajaran yang diampu terkait pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran
pedagogik
10
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu.
Mengidentifikasikan materi pembelajaran yang diampu terkait pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran
Mengkategorikan materi yang dipilih berdasarkan jenisnya (fakta, konsep, prosedural dan metakognitif)
pedagogik
11
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik
Menjabarkan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran sesuai mapel yang diampu
Menyebutkan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran sesuai mapel yang diampu
pedagogik
12
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik
Menggolongkan komponen-komponen rancangan pembelajaran
Mengaitkan kurikulum dengan rancangan pembelajaran
pedagogik
13
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik
Mengurutkan tahapan dalam merancang pembelajaran
Menjelaskan tahapan dalam merancang pembelajaran
pedagogik
14
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik
Mengurutkan tahapan dalam merancang pembelajaran
Menguraikan komponen rancangan pembelajaran baik  didalam kelas, labolatorium maupun di lapangan
pedagogik
15
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik
Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan
Memecahkan masalah yang ada dalam melaksanakan pembelajaran yang mendidik, baik dikelas, di labolatorium dan lapangan
pedagogik
16
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu
Menemukan teknologi informasi dan komunikasi yang tepat dalam pembelajaran
pedagogik
17
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu
Memilih ragam teknologi informasi dan komunikasi sesuai karakteristik dan tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran
pedagogik
18
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu
Menjabarkan prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu
pedagogik
19
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu
Menganalisis aspek-aspek penting penilaian dan evaluasi dalam proses dan hasil belajar
pedagogik
20
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu
Merinci aspek penting dalam penilaian dan evaluasi pembelajaran sesuai tujuan penilaian dalam mata pelajaran yang diampu
pedagogik
21
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu
Menetapkan  aspek penting dalam penilaian dan evaluasi pembelajaran sesuai karakteristik mata pelajaran yang diampu
pedagogik
22
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
Mengembangkan  instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
Mengemukakan metode penilaian dan jenis instrumen penilaian  yang sesuai dengan tuntutan ranah pembelajaran
pedagogik
23
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
Mengembangkan  instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
Merumuskan indikator penilaian dan evaluasi proses dan hasl belajar sesuai karakteristik mata pelajaran yang diampu
pedagogik
24
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar
Menilai  proses pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar yang diperoleh sesuai tujuan pembelajaran pada mata pelajaran yang diampu
pedagogik
25
Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran
Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar
Menganalisis hasil penilaian dan evaluasi pada mata pelajaran yang diampu
pedagogik
26
Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran
Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar
Merumuskan ketuntasan hasil belajar berdasarkan informasi hasil penilaian pada mata pelajaran yang diampu
pedagogik
27
Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran
Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan  Pengayaan
Mengemukakan program remidial dan pengayaan sebagai bagian dari tindak lanjut hasil pembelajaran
pedagogik
28
Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran
Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
Menemukan komponen penyebab keberhasilan dan atau kegagalan dalam pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran yang diampu
pedagogik
29
Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu
Menyusun rencana penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mapel yang diampu
pedagogik
30
Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu
pedagogik
31
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Mengemukakan ruang lingkup Pengantar Ekonomi dan Bisnis
Menguraikan ruang lingkup Ilmu Ekonomi
profesional
32
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Mengemukakan ruang lingkup Pengantar Ekonomi dan Bisnis
Menganalisis masalah pokok ekonomi dan alternative pemecahannya
profesional
33
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Mengemukakan ruang lingkup Pengantar Ekonomi dan Bisnis
Mengkategorikan Model  dan pelaku ekonomi
profesional
34
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Mengemukakan ruang lingkup Pengantar Ekonomi dan Bisnis
Menganalisis perilaku konsumen dan produsen serta peranannya dalam kegiatan ekonomi
profesional
35
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Mengemukakan ruang lingkup Pengantar Ekonomi dan Bisnis
Menguraikan teori kepuasan berdasarkan Hukum Gossen
profesional
36
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Mengemukakan ruang lingkup Pengantar Ekonomi dan Bisnis
Menguraikan Teori kebutuhan (berdasarkan teori Maslow.
profesional
37
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Mengemukakan ruang lingkup Pengantar Ekonomi dan Bisnis
Menganalisis berbagai jenis pasar (pasar persaingan sempurna, pasar monopoli, pasar monopolistic, pasar oligopoly) terhadap perekonomian
profesional
38
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Mengemukakan ruang lingkup Pengantar Ekonomi dan Bisnis
Menganalisis  ketentuan Perpajakan
profesional
39
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Mengemukakan ruang lingkup Pengantar Ekonomi dan Bisnis
Menganalisis ketentuan Perlindungan Konsumen (0)
profesional
40
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Melakukan analisis dan riset pasar
Merencanakan observasi Pasar
profesional
41
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Melakukan analisis dan riset pasar
Menentukan langkah-langkah observasi pasar
profesional
42
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Melakukan analisis dan riset pasar
Melakukan observasi pasar
profesional
43
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Melakukan analisis dan riset pasar
Menganalisis hasil observasi pasar
profesional
44
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Melakukan analisis dan riset pasar
Melakukan analisis pasar
profesional
45
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Melakukan analisis dan riset pasar
Menyusun laporan hasil analisis pasar
profesional
46
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Melakukan analisis dan riset pasar
Menyusun proposal penelitian pasar
profesional
47
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Melakukan analisis dan riset pasar
Menyusun instrumen penelitian pasar
profesional
48
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Melakukan analisis dan riset pasar
Melakukan pengumpulan data penelitian pasar
profesional
49
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Melakukan analisis dan riset pasar
Mengolah data penelitian pasar
profesional
50
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Melakukan analisis dan riset pasar
Menyusun laporan hasil penelitian pasar
profesional
51
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menyusun rencana pemasaran
Menyusun rencana strategi pemasaran
profesional
52
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menyusun rencana pemasaran
Menganalis lingkungan pemasaran mikro
profesional
53
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menyusun rencana pemasaran
Menganalis lingkungan pemasaran makro
profesional
54
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Mengelola kegiatan usaha pemasaran
Menganalisis tujuan usaha pemasaran
profesional
55
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Mengelola kegiatan usaha pemasaran
Memilih jenis dan model pemasaran
profesional
56
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Mengelola kegiatan usaha pemasaran
Menyusun proposal usaha pemasaran
profesional
57
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Mengelola kegiatan usaha pemasaran
Menerapkan prosedur pengurusan surat ijin usaha
profesional
58
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Mengelola kegiatan usaha pemasaran
Menemukan tempat usaha yang strategis.
profesional
59
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menerapkan Strategi Pemasaran
Menentukan teknik dan Strategi Pemasaran
profesional
60
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menerapkan Strategi Pemasaran
Melakukan Strategi Bauran Pemasaran (marketing mix)
profesional
61
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menerapkan Strategi Pemasaran
Melakukan deferensiasi posisi produk dan merk
profesional
62
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menerapkan Strategi Pemasaran
Menerapkan strategi Product life cicle
profesional
63
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menerapkan Strategi Pemasaran
Melakukan pengembangan produk baru
profesional
64
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menerapkan Strategi Pemasaran
Melakukan deferensiasi dan posisi penawaran pasar
profesional
65
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Membangun Pemasaran On-Line
Menganalisis konsep Pemasaran On-line
profesional
66
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Membangun Pemasaran On-Line
Menerapkan pemasaran On-Line dengan media sosial
profesional
67
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menerapkan prinsip-prinsip Bisnis
Menyimpulkan pengertian, peran, ruang lingkup bisnis ritel
profesional
68
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menerapkan prinsip-prinsip Bisnis
Menentukan strategi bisnis ritel
profesional
69
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menerapkan prinsip-prinsip Bisnis
Menentukan lembaga pembiayaan waralaba
profesional
70
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menerapkan prinsip-prinsip Bisnis
Menyiapkan perijinan Bisnis ritel.
profesional
71
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menerapkan prinsip-prinsip Bisnis
Menyimpulkan karakteristik dan ruang lingkup penjualan langsung
profesional
72
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menyusun Administrasi Transaksi
Menyusun berkas-berkas Administarasi Transaksi
profesional
73
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menyusun Administrasi Transaksi
Mengoperasikan alat hitung
profesional
74
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menyusun Administrasi Transaksi
Mengoperasikan Mesin Pembayaran Tunai Dan Non Tunai
profesional
75
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menyusun Administrasi Transaksi
Mengoperasikan Alat Ukur
profesional
76
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menyusun Administrasi Transaksi
Mengoperasikan Alat Bantu Verifikasi
profesional
77
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menyusun Administrasi Transaksi
Menerapkan alur proses administrasi transaksi
profesional
78
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguraikan pengetahuan produk
Memperjelas atribut dan spesifikasi barang/jasa
profesional
79
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguraikan pengetahuan produk
Melakukan pengemasan produk
profesional
80
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguraikan pengetahuan produk
Merancang merk produk/brand
profesional
81
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Melakukan penataan barang
Menentukan ruang lingkup penataan barang
profesional
82
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Melakukan penataan barang
Menentukan pengelompokkan barang
profesional
83
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Melakukan penataan barang
Melakukan pelabelan barang
profesional
84
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Melakukan komunikasi bisnis
Menerapkan etika komunikasi bisnis
profesional
85
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Melakukan komunikasi bisnis
Menganalisis kepuasan pelanggan
profesional
86
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Melakukan komunikasi bisnis
Menentukan media promosi
profesional
87
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Melakukan komunikasi bisnis
Menerapkan teknik negosiasi
profesional
88
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Mengelola administrasi gudang
Menentukan ruang lingkup pergudangan dalam kegiatan bisnis
profesional
89
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Mengelola administrasi gudang
Menerapkan perhitungan persediaan barang di gudang dengan menggunakan metode FIFO, LIFO dan Average  Method
profesional
90
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Mengelola administrasi gudang
Melakukan stock opname
profesional
91
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Mengelola administrasi gudang
Membuat laporan stock opname secara manual dan dalam program exel
profesional
92
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menerapkan pelayanan penjualan
Menentukan ruang lingkup pelayanan penjualan
profesional
93
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menerapkan pelayanan penjualan
Menganalisis sikap dan perilaku menjual
profesional
94
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menerapkan pelayanan penjualan
Melakukan Pelayanan penjualan langsung dan tidak langsung
profesional
95
Menguasan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menerapkan pelayanan penjualan
Melakukan pelayanan penjualan purna jual
profesional
Previous
Next Post »
0 Komentar

Loading...