Perencanaan Pemasaran Kelas X Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar SMK Kurikulum 2013 revisi 2017

17.18

baca juga

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut. 

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) 
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Bisnis dan Manajemen pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.


KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) 4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi danKomunikasi Digital, dan Dasar Bidang Bisnis dan Manajemen. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilanmenalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Mata Pelajaran :  Perencanaan Bisnis
Jam Pelajaran   : 144 JP (@ 45 Menit)


KOMPETENSI DASAR 3 DAN DKOMPETENSI DASAR 4

3.1  Menganalisis lingkungan bisnis
4.1  Melakukan analisis lingkungan bisnis
3.2  Menganalisis peluang bisnis dengan analisi SWOT
4.2  Melakukan analisis peluang bisnis dengan analisa SWOT
3.3  Menerapkan strategi bisnis
4.3  Menentukan strategi bisnis
3.4  Menerapkan perencanaan Bauran pemasaran
4.4  Menyusun rencana bauran pemasaran
3.5  Menerapkan prosedur pengurusan surat ijin usaha
4.5  Melaksanakan pengurusan surat ijin usaha
3.6  Menganalisis tehnik memperoleh modal usaha
4.6   Menetapkan tehnik memperoleh modal usaha
3.7  Menelaah kelayakan bisnis
4.7  Menyusun studi kelayakan bisnis
3.8  Menerapkan prosedur pembuatan proposal usaha
4.8  Menyusun proposal usaha
3.9  Menerapkan model pengelolaan kegiatan / event
4.9  Melakukan perencanaan kegiatan / event
3.10 Menganalisi pengembangan usaha
4.10 Menyusun rencana pengembangan usaha
3.11 Menganlisis kebutuhan sumber daya manusia perusahaaan
4.11 Membuat analisis kebutuhan  sumber daya perusahaan

Previous
Next Post »
0 Komentar

Loading...