Peran dan Fungsi Bisnis Ritel

18.37

baca juga

Peran bisnis ritel
Usaha eceran atau usaha ritel mempunyai peran yang sangat penting baik ditinjau dari pihak konsumen atau dari pihak produsen. 

Dari Pihak Produsen: 
1.  Peritel  dipandang sebagai pihak yang ahli dalam bidang penjualan produk perusahaan 
2.  Peritel adalah ujung tombak peusahaan yang akan sangat menentukan laku tidaknya produk perusahaan 
3.  Peritel   adalah   sumber   informasi   yang   sangat   berharga   mengenai produknya. 
4.  Produsen dapat memasang iklan, mengadakan undian atau memberi hadiah kepada konsumen melalui toko-toko ritel. 

Dari Pihak Konsumen: 
Usaha ritel memberikan kebutuhan ekonomis bagi pelanggan melalui lima cara, antara lain: 

  1. Usaha  ritel  biasanya  berlokasi  didekat  rumah  pelanggan,  sehingga pelanggan bisa dengan segera mendapatkan suatu produk tanpa perlu menunggu lama. 
  2. Memudahkan konsumen/pelanggan dalam memilih atau membandingkan bentuk, kualitas, dan barang serta jasa yang ditawarkan. Pelanggan mungkin  hanya  ingin  lebih  dari  sekedar mendapatkan  barang  yang diinginkan pada tempat yang nyaman. Mereka hampir ingin selalu belanja di mana bisa mendapatkan kemudahan memilih, membandingkan kualitas, bentuk, dan harga dari produk yang diinginkan. Dalam menarik dan memuaskan pelanggan, para peritel biasanya akan berusaha menciptakan suasana belanja yang nyaman. 
  3. Menjaga harga jual tetap rendah agar mampu bersaing dalam memuaskan pelanggan. 
  4. Membantu meningkatkan standar hidup masyarakat. Produk yang dijual dalam usaha ritel, tergantung pada apa yang dibeli dan dikonsumsi oleh masyarakat. Upaya promosi yang dilakukan, tidak hanya memberikan informasi kepada masyarakat mengenai beragam produk barang dan jasa, tetapi juga dapat meningkatkan keinginan pelanggan untuk membeli. Hasil akhirnya adalah peningkatan standar hidup dan penjualan produk. 
  5. Adanya usaha ritel juga memungkinkan dilakukannya produksi besar-besaran (produksi massal). Produksi massal tidak akan dapat dilakukan tanpa sistem pengecer yang efektif dalam mendistribusikan produk yang dibuat secara massal bagi pelanggan.


Fungsi Bisnis Ritel 
Industri Ritel memegang peranan penting dalam perekonomian suatu negara, terutama berkaitan dengan proses distribusi berbagai macam produk yang dibutuhkan oleh masyarakat, antara lain: 

  1. Melakukan kegiatan usaha di lokasi yang nyaman dan mudah diakses oleh pelanggan 
  2. Memberikan keragaman produk sehingga memungkinkan pelanggan bisa memilih produk yang diinginkan. 
  3. Memecah atau Membagi jumlah dan ukuran  produk yang besar sehingga dapat dijual dalam kemasan/ukuran yang kecil. 
  4. Mengubah produk menjadi bentuk yang lebih menarik. 
  5. Menyimpan produk agar tetap tersedia pada harga yang relatif tetap. 
  6. Membantu terjadinya perpindahan barang melalui sistem distribusi 
  7. Memeberikan jaminan produk layanan purna jual dan turut menangani keluhan pelanggan. 
  8. Adakalanya memberikan fasilitas kredit dan sewa. 
  9. Meningkatkan nilai produk. 


Previous
Next Post »
0 Komentar

Loading...