Simulasi Digital Kelas X Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

11.56

baca juga

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi  sikap  spiritual, (2)  sikap  sosial, (3)  pengetahuan,  dan (4) keterampilan.  Aspek-aspek  kompetensi  tersebut  dicapai  melalui  proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan   kompetensi   sikap   spiritual yaitu, “Menghayati   dan mengamalkan   ajaran   agama   yang   dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,  santun,  peduli (gotong  royong,  kerja  sama,  toleran,  damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan,     dan pengkondisian     secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam   pergaulan   dunia”.   Kedua   kompetensi   tersebut   dicapai   melalui pembelajaran   tidak   langsung (indirect   teaching)   yaitu   keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut. 

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Bisnis dan Manajemen pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga 
masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi danKomunikasi Digital, dan Dasar Bidang Bisnis dan Manajemen. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilanmenalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. 

Mata Pelajaran : Simulasi dan Komunikasi Digital
Jam Pelajaran : 108 JP (@ 45 Menit)

KOMPETENSI DASAR 3 DAN KOMPETENSI DASAR 4

3.1  Menerapkan logika dan algoritma komputer
4.1  Menggunakan fungsi-fungsi perintah (Command)
3.2  Menerapkan metode petaminda
4.2  Membuat peta-minda
3.3  Mengevaluasi paragraph deskriptif, argumentatif, naratif, dan persuasif
4.3  Menyusun kembali format dokumen pengolah kata
3.4  Menerapkan logika dan operasi perhitungan data
4.4  Mengoperasikan perangkat lunak pengolah angka
3.5  Menganalisis fitur yang tepat untuk pembuatan slide
4.5  Membuat slide untuk presentasi
3.6  Menerapkan teknik presentasi yang efektif
4.6  Melakukan presentasi yang efektif
3.7  Menganalisis pembuatan e-book
4.7  Membuat e-book dengan perangkat lunak e-book editor
3.8  Memahami konsep Kewargaan Digital
4.8  Merumuskan etika Kewargaan Digital
3.9  Menerapkan teknik penelusuran Search Engine
4.9  Melakukan penelusuran informasi
3.10 Menganalisis komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
4.10 Melakukan komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
3.11 Menganalisis fitur perangkat lunak pembelajaran kolaboratif daring
4.11 Menggunakan fitur untuk pembelajaran kolaboratif daring (kelas maya)
3.12 Merancang dokumen tahap pra-produksi
4.12 Membuat dokumen tahap pra-produksi
3.13 Menganalisis produksi video, animasi dan/atau music digital
4.13 Memroduksi video dan/atau animasi dan/atau music digital
3.14 Mengevaluasi pasca-produksi video, animasi dan/atau music digital
4.14 Membuat laporan hasil pasca-produksi

Previous
Next Post »
0 Komentar

Loading...